Sayuran Untuk Penderita Diabetes

Sayuran yang diperoses dengan cara direbus, dikukus, serta dipanggang. Merupakan cara mengolah sayur yang baik untuk penderita diabetes. Ingin tahu apa saja jenis sayuran untuk penderita diabetes ? Simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini.

Sayuran Untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang dipengaruhi oleh kadar gula darah yang tinggi didalam tubuh. Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan kebutuhan insulin yang dihasilkan oleh pankreas juga akan mengalami kenaikan.

Namun pankreas memilki tugas yang sangat terbatas untuk menghasilkan insulin sehingga jika kadar gula naik terlalu tinggi maka insulin tidak akan cukup. Seseorang dapat menderita diabetes karena beberapa faktor penyebab diabetes tipe 1 dan 2 yang berbeda. Berbagai bahaya diabetes bagi tubuh pun harus diatasi sejak awal karena bisa membuat kesehatan terus menurun.

Sayuran Untuk Penderita Diabetes

Pengaruh makanan pun sangat penting untuk kadar gula dalam darah yang berhubungan dengan nilai glikemik indeks. Beberapa pengaruh yang besar terhadap nilai glikemik indeks sebuah makanan seperti :

kandungan serat, kadar asam, cara memasak, tingkat kematangan masakan dan lama waktu memasak. Berikut ini ada beberapa jenis sayuran yang bisa membantu mengolah kadar gula dalam tubuh terutama bagi penderita diabetes.

  1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang wajib dikonsumsi penderita diabetes. Bayam yang mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting seperti serat, zat besi, vitamin K, magnesium, fosfor, folat, kalium dan seng.

Bahkan bayam juga mengandung asam oksalat yang mampu mencegah hambatan penyerapan kalsium untuk tubuh. Selain itu, bayam juga mampu mengendalikan kadar gula dalam tubuh karena kandungan nutrisi yang lengkap.

Cara mengkonsumsinya : rebus bayam dalam waktu kurang dari 3 menit, untuk mendapatkan semua nutrisi seperti diatas anda bisa menggunakan jenis bayam organik yang tidak mengandung pupuk kimia. Makanlah bayam selagi hangat dan jangan menyimpan bayam yang sudah dimasak.

  1. Sawi Hijau

Sawi hijau juga bisa menjadi sayuran sehari-hari untuk penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam sawi hijau dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh dan mengurangi komplikasi peradangan karena kadar gula yang tinggi.

Selain itu, sawi hijau juga mengandung alfa lipoic acid yang dapat membantu tubuh dalam mengatasi depresi dan stress. Depersi dan stress juga bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Bahkan kandungan alfa lipoic acid juga bisa menurunkan kada gula dalam tubuh guna membantu syaraf lebih kuat.

Cara Mengkonsumsinya : rebus sebentar sawi hijau dan segera konsumsi saat masih hangat. Hindari merubus sawi terlalu lama karen bisa menghilangkan nutrisi dan vitamin didalamnya.

  1. Kale

Kale merupakan salah satu jenis sayuran favorit yang mulai digemari oleh masyarakat indonesia. Kale mengandung kalori yang cukup rendah, kaya serat, magnesium, folat, vitamin C, kaempferol, quercetin dan beta karoten.

Selain kaya akan kandungannya, ternyata kale juga bisa membantu penderita diabetes untuk melindungi tubuhnya dari komplikasi diabetes seperti stroke, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

  1. Salad

Salad yang mengandung kalori yang sangat rendah juga bisa membantu menurunkan berat badan penderita diabetes. Selain itu, salad juga mengandung selulosa dan serat yang bisa meningkatkan proses pencernaan dan membuat efek yang mengenyangkan dalam waktu yang lebih lama.

Cara Memngkonsumsinya : Pilih salad organik tanpa pupuk kimia dan konsumsi salad secara bersamaan dengan lalapan atau sayuran segar lainnya.

  1. Arugula

Arugula merupakan sayur khas maditeranian yang sangat terkenal. Masyarkata disana percaya bahwa arugula merupakan sayura yang menyehatkan karena mengandung kalori yang sangat rendah. Selain itu, arugula juga memiliki tekstur rasa yang sedikit pedas dan menyenangkan untuk dimakan mentah ataupun ditumis.

Disamping itu, aragula juga akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan respon alami terhadap insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Bahkan argula juga akan membantu mengendalikan kadar kolestrol buruk yang tinggi dalam tubuh.

Cara Mengonkunsumsinya pun cukup mudah yaitu dengan memakan arugula sebagai lalapan seperti salad atau menumis sebentar saja untuk menjaga nutrisinya.

  1. Asparagus

Asparagus sudah terkenal menjadi sayura yang bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Asparagus juga bisa meningkatkan kerja pankreas dalam mengahsilkan insulin dan membantu tubuh dalam menyerap insulin untuk mengatasi kadar gula dalam darah.

Selain itu, asparagus juga bisa dikonsumsi sehari-hari bagi penderita diabetes baik tipe 1 dan 2. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi asparagus bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi. asparagus sendiri juga bisa menjadi salah satu sayuran anti diabetes yang aman dan mampu mengendalikan penyakit komplikasi akibat diabetes.

  1. Kubis

Kubis menjadi sayuran yang memiliki kadar glikemik indeks yang rendah serta kandungan natrium yang lebih sedikit dibandingkan sayuran lain. Semua jenis kubis sangat baik untk penederita diabetes baik itu kubis merah ataupun kubis hijau.

Selain itu, kubis juga akan mencukupi beberapa kebutuhan nutrisi lain seperti vitamin, mineral dan asam amino. Kubis juga menawarkan antioksidan yang cukup tinggi yang mampu melindungi tubuh dari sel kanker.

Kandungan vitamin K dalam kubis juga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan membantu proses pembekuan darah dalam tubuh. Cara mengkonsumsinya : rebus sebentar atau dimakan mentah dan campurkan dengan jenis sayuran lain seperti salad.

  1. Wortel

Selama ini wortel terkenal sebagai sayuran yang sangat baik untuk membantu tubuh memelihara kesehatan mata. Namun ternyaa wortel juga bisa menjadi sayura pilihan terbaik untuk penderita diabetes.

Beberapa jenis wortel sangat baik untuk membantu menurnkan kadar gula dalam darah seperti wortel kuning, ungu dan putih. Selain itu, dalam satu buah wortel juga memiliki nutrisi yang sangat lengkap seperti vitamin A, vitamin C, mangan, vitamin B komplek, Kalium, Folat, Vitamin E dan fosfor.

Sebenarnya wortel memiliki nilai glikemik indeks yang lebih tinggi dibandingkan sayuran lain tetapi serat dalam wortel membantu menurunkan gula darah dalam tubuh.  Selain itu kandungan gula alami dalam wortel juga akan membantu mengganti kebutuhan gula untuk tubuh.

Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah bisa anda jadikan wortel mentah sebagai camilan atau bisa juga di campurkan dengan salad atau masak sebentar hingga menjadi setangh matang.

  1. Kembang Kol

Kembang kol menjadi salah satu pilihan sayuran yang tepat untuk penderita diabetes. Biasanya penderita diabetes akan dilarang untuk mengkonsumsi sayuran yang mengandung tepung. Namun kembang kol bisa menjadi salah satu pengecualian karena kandungan fitokimia, mineral, serat dan vitamin yang sangat lengkap.

Selain itu, kembang kol juga mengandung sulfur, nitrogen dan senyawa glukosinates yang bisa meningkatkan peran sulforaphane yang terkadung di dalamnya. Tapi penderita diabetes yang juga komplikasi dengan asam urat yang tinggi sebaiknya mengkonsumsi kembang kol dalam jumlah yang terbatas. Cara mengkonsumsinya : Campurkan kembang kol dalam masakan seperti sop atau kukus sebentar saja.

  1. Seledri

Seledri tidak hanya untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh tapi juga bisa mecegah penyakit diabetes. Mengkonsumsinya pun sangat mudah, anda bisa mengunyahnya atau mengolahnya menjadi jus hijau yang lezat.

Kenapa seledri bisa menurunkan kadar gula darah ? Karena didalam seledri mengandung vitamin K yang bisa mengurangi peradangan akibat kadar gula yang tinggi dan meningkatkan produksi insulin.

Cara Konsumsi : Makan seledri mentah sebagai lalapan atau jus selederi dengan campuran kale dan brokoli.

  1. Mentimun

Mentimun sangat disarankan untuk penderita diabetes tipe 1 dan 2. Mentimun bisa mendorong sel beta yang bekerja untuk mendukung sistem kerja pankreas sehingga produksi insulin tidak terhambat.

Bahkan manfaat mentimun menjadi lebih besar karena memiliki nilai glikemik indeks yang sangat rendah atau hampir tidak ada. Selain itu, mentimun akan membantu mengendalikan kadar gula darah karena kadar glikemik rendah, karbohidrat yang sangat rendah dan serat yang tinggi.

Untuk mengkonsumsinya pun sangat mudah anda cukup membersihkan mentimun, kemudian bersihkan kulitnya dan makan mentimun tersebut sebagai lalapan.

  1. Lobak

Biasanya kadar gula darah menjadi tinggi dapat disebabkan oleh kebiasan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Lobat menjadi salah satu sayuran yang tidak mengandung karbohidrat, serat yang tinggi, kalium, asam folat dan kalsium.

Lobak sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaga tubuh dari berbagai penyakit peradangan yang disebabkan karena komplikasi diabetes. Cara mengkonsumsinya : iris lobak tipis-tipis kemudian jadikan lobak tersebut sebagai campuran salad bersamaan dengan jenis sayuran lainnya.

Disamping mengkonsumsi beberapa jenis sayuran diatas. Kini ada salah satu cara yang paling mudah untuk mengobati penyakit diabetes yang bisa anda lakukan ialah dengan rutin mengkonsumsi obat diabetes alami dari Gamat Emas Kapsul.

Dimana obat alami dari teripang emas ini sudah dipercaya mampu menngatasi dan mengobati gejala penyakit diabetes secara alami tanpa harus menimbulkan efek samping apapun. Produk herbal ini pun sudah memiliki izin edar dari DEPEKES RI dan sudah memiliki sertifikat HALAL dari MUI, sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi obat alami ini.

Simak Juga : Cara Cepat Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Nah, itulah informasi mengenai beberapa jenis sayuran yang bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami ini.

~ SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA LEKAS SEMBUH ~

Post By : Obat Diabetes Alami

1 Trackback / Pingback

  1. Manfaat Pete Untuk Penderita Diabetes Yang Belum Diketahui

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*