Cara Mengobati Luka Diabetes Dengan Madu

Pastinya anda ingin tahu bagaimana cara mengobati luka diabetes dengan madu secara ampuh dan aman tanpa menimbulkan efek samping, Silahkan simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini.

Cara Mengobati Luka Diabetes Dengan Madu

Luka Diabetes

Pasien yang mengalami luka diabetes bisa mengalami keparahan jika tidak ditangani oleh ahlinya. Namun, beberapa pasien lebih memilih pengobatan secara alami dibandingkan pengobatan dengan menggunakan zat-zat kimia yang diresepkan dokter.

Hal tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa faktor seperti efek samping pengobatan hingga kemudahan dalam memperoleh obat.

Meski banyak obat alami yang dapat mengobati diabetes, tapi disini kami hanya akan merekomendasikan anda untuk menggunakan madu sebagai obat diabetes tersebut.

Madu dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan khasiat. Bahkan, luka diabetes yang sulit disembuhkan dapat diobati menggunakan madu dengan cara yang benar dan aman.

Sebelum anda menggunakan madu sebagai obat luka diabeetes, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu kandungan madu tersebut. Berikut ini ada beberapa kandungan dalam madu antara lain :

  • Karbohidra 77,9 %
  • Air 17,2 %
  • Gula 1,5 %
  • Vitamin dan Mineral 0,2 %
  • Zat lain ( Chrysin, pinobanksin, katalase dan pinocembrin ) 3,2 %

Kandungan murni dalam madu tidak selalu sama, tergantung pada nektar yang digunakan lebah dalam memperoduksi madu. Semakin beragam nektar yang diperoleh maka semakin beragam juga kandungan nutrisi di dalam madu tersebut.

Kandungan-kandungan tersebutlah yang menyebabkan madu kaya akan manfaat bagi kesehatan, bahkan bagi penderita diabetes. Manfaat madu bisa diketahui dari sifat-sifat yang dimilikinya.

Madu yang memiliki sifat antibakteri, anti inflamasi dan antimikroba bisa digunakan sebagai obat luka diabetes. karena sifat antibakteri pada madu dapat membersihkan infeksi bakteri pada luka sehingga tingkat penyembuhan jaringan luka semakin tinggi.

Selain anti inflamasi, madu juga bisa membantu mengurangi infeksi dan mempercepat penyembuhan pada macam-macam luka diabetes, seperti luka lepuh, ruam dan luka lainnya. Anti mikroba pada madu juga bisa membantu proses penyembuhan luka ulkus dengan menghambat pertumbuhan mikroba.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengobati diabetes dengan madu, diantarnya :

  • Penggunaan madu yang cukup
  • Pemberian balutanh setelah madu
  • Perawatan luka dengan balutan
  • Pemberian madu pada jenis luka tertentu

Cara Mengobati Luka Diabetes Dengan Madu

Berhasil atau tidaknya pengobatan luka diabetes dengan menggunakan madu dipengaruhi oleh cara dan tahapan penggunaan madu dan hal-hal yang terkait dengan perawatan luka.

Untuk itu, anda perlu mengetahui cara dan tahapan yang benar agar luka diabetes anda segera sembuh tanpa menimbulkan efek samping, dimana cara tersebut sebagai berikut :

  1. Persiapan Kebutuhan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan perlengkapan untuk mengobati luka. Anda perlu mempersiapkan bahan-bahan yang anda butuhkan seperti madu murni, air hangat / cairan infus, sarung tangan, kain kasa, plester dan gunting.

  1. Pastikan Kebersihan Diri

Sebelum membersihkan luka, terlebih dahulu cuci tangan anda dengan bersih. Anda bisa menggunakan sabun cair ( usahakan yang mengandung antiseptik ).

Kebersihan tangan sangat penting agar luka anda terhindar dari berbagai kuman yang mungkin ada pada tangan. Untuk memudahkan pergerakan anda, disarankan menggunakan sarung tangan agar terhindar dari infeksi.

  1. Bersihkan Luka

Untuk menghindari tercampurnya madu dengan zat buruk yang terbentuk akibat luka, bersihkan luka terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan air hangat yang sudah dicampur antiseptik, air rebus daun jambu biji atau cairan NaCL ( cairan infus ).

  1. Keringkan Luka

Setelah dibersihkan dengan air, kemungkinan masih terdapat area luka yang basah. Untuk itu anda perlu mengeringkan luka dengan menggunakan kain yang mudah menyerap kelembapan, seperti kain kasa. Gunakan kain kasa yang bersih dan kering, lalu keringkan luka dengan perlahan dan hati-hati.

  1. Beri Madu Pada Luka

Setelah area luka benar-benar kering, berikan madu pada luka. Jika luka bersifat kering, anda hanya perlu mengoleskan madu secukupnya diatas luka tersebut.

Tetapi jika luka tersebut bersifat basah, bahkan hingga membentuk kedalaman luka, maka berikan madu sebanyak cairan yang keluar pada luka atau hingga mamenuhi kedalaman luka. Ingat, jangan terlalu banyak memberikan madu pada luka.

  1. Tutup Luka Dengan Balutan

Setelah memastikan madu sudah merata pada luka, lalu tutup luka dengan balutan kasa atau dressing pada lainnya. Pastikan luka tertutup secara menyeluruh. Kemudian, rekatkan balutan dengan menggunakan plester agar balutan tidak lepas.

  1. Bersihkan Diri Kembali

Setelah melakukan beberapa tahapan seperti diatas, anda sangat perlu untuk membersihkan tangan. Bersihkan tangan anda menggunakan sabun antiseptik atau cairan steril lainnya agar anda terhindar dari infeksi bakteri atau kuman yang mungkin terbawa ketika menangani luka.

Selain melakukan cara seperti diatas, kini ada cara yang lebih alami yaitu dengan menggunakan obat diabetes alami yang bisa langsung anda konsumsi tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu.

Baca Juga : Jenis Olahraga Untuk Penderita Diabetes

Nah, itulah informasi mengenai beberapa cara mengobati diabetes dengan madu semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahun anda. Terima kasih sudah bekunjung dan menyimak artikel sederhan ini.

~ SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA LEKAS SEMBUH ~

Post By : Obat Diabetes Alami

1 Trackback / Pingback

  1. 10 Makanan Baik Untuk Penderita Diabetes Yang Wajib Dikonsumsi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*