Bahaya Merokok Bagi Penderita Diabetes

Berikut ini adalah bahaya merokok bagi penderita diabetes yang tidak boleh dianggap sepele karena gejala diabetes bisa terjadi kapan saja tanpa anda sadari. Untuk itu jangan pernah mengabaikan penyakit yang satu ini, segera obati jika memang anda sudah terindikasi atau terdiagnosa penyakit diabetes.

Bahaya Merokok Bagi Penderita Diabetes

Namun, sebelum kami memberikan anda informasi mengenai bahaya merokok bagi penderita diabetes terlebih dahulu kami akan memberikan anda informasi mengenai diabetes itu sendiri.

Informasi Seputar Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang ditandai dengan naiknya kadar gula dalam darah akibat penurunan produksi insulin atau penurunan sensitivitas reseptor insulin. Dimana insulin sendiri berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah.

Gula sangat penting bagi kesehatan tubuh kita karena gula sangat berperan penting terhadap sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh lainnya.

Gejala Penyakit Diabetes

Sangatlah penting untuk kita mengetahui gejala awal munculnya atau terjadinya penyakit diabetes. Dan berikut ini adalah beberapa gejala diabetes yang rentan terjadi, diantarnya :

  • Sering merasakan haus
  • Sering buang air kecil, terutama pada malam hari
  • Sering merasakan lapar yang ekstrim
  • Turunnya berat badan tanpa sebab
  • Berkurangnya massa otot
  • Mudah lelah
  • Pandangan sering kabur
  • Luka sangat lama sembuh
  • Sering mengalami infeksi baik pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kencing

Apabila anda atau kerbat anda mengalami beberapa gejala tersebut, segera periksakan diri anda atau kerabat anda ke dokter. Karena dengan pendeteksian sedini mungkin dapat memungkinkan kita untuk mencegah bertambah parahnya kondisi diabetes yang sedang anda derita.

Disamping gejala diatas, pastinya sebagaian dari kita masih ada yang bertanya-tanya apakah merokok bisa berbahaya bagi penderita diabetes. Ingin tahu seperti apa jawaban dari pertanyaan anda itu ? Simak lebih lengkapnya dalam artike lini!

Bahaya Meroko Bagi Penderita Diabetes

Mungkin kita sudah sangat sering bahkan sudah sangat bosan mendengar mengenai bahaya merokok. Bisa dibilang, bahwa merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang merusak kesehatan. kandungan nikotin pada rokok bekerja layaknya kokain, dimana kandungan tersebutlah yang mempengaruhi sensasi senang seseorang.

Itulah sebabnya, mengepa banyak orang yang kecanduan dan tidak bisa lepas dari kebiasaan merokok ini. Jika memang rokok bisa merusak kondisi seseorang yang normal, lantas bagaiman dengan mereka yang memiliki diabetes ? Jawabannya pun sudah jelas. Bahwa meokok sangat memperburuk kondisi diabetes yang sedang anda alami.

Risiko Merokok Bagi Penderita Diabetes

Merokok memang sudah terbukti sebagai salah satu faktor risiko bagi diabetes dan meninkatkan risiko komplikasi pada pasien diabetes. Dengan melakukan kebiasaan buruk yang satu ini, anda dapat didiagnosa terkena penyakit diabetes yang dapat mengakibatkan kesulitan dalam mengontrol gula darah dan peningkatan kadar gula darah.

Gula darah yang tidak terkontrol dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan penderita diabetes mengalami komplikasi. Salah satu komplikasi yang sering terjadi pada penderita diabetes ialah penyakit jantung, stroke dan masalah sirkulasi darah.

Bisakah Saya Terkena Diabetes Akibat Merokok ?

Sama hal nya seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa merokok sudah terbukti mampu meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin yang menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi insul dengan baik.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa merokok dapat meningkatkan lemak yang ada disekitar perut, sekalipun pada orang yang tidak menderita obesitas. Penumpukan lemak berlebihan pada bagian perut juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya obesitas.

Tips Berhenti Merokok

Memang tidak ada cara untuk menurunkan angka risiko dari merokok dan diabetes selain menghentikannya. Namun, efek candu yang dirasakan kadang membuat beberapat orang sangat sulit melepaskan diri dari kegiatan merokok ini.

Cara alternatif yang bisa anda lakukan guna berhenti merokok ialah dengan mengurangi merokok secara bertahap, meskipun penelitan mengatakan bahwa seseorang yang langsung berhenti meroko akan lebih baik ketimbang mereka yang harus secara bertahap mengurangi konsumsi rokok. Berikut ini ada beberapa tips untuk membantu anda bertehti merokok, dimana tips tersebut sebagai berikut :

  • Rancang kembali rutinitas anda. Seseorang biasanya merokok bersamaan dengan aktivitas lain seperti membaca koran. Lakukan katiovitas yang melibatkan lebih banyak interaksi dengan orang lain.
  • Pertimbangkan untuk mencari terapi, seperti akupuntur, terapi lasr atau pisikoterapi
  • Carilah kegiatan lain yang menyenangkan bagi anda. Dengan begitu, anda akan menyadari bahwa anda tetap dapat bersenang-sening meskipun tanpa merokok.

Baca Juga : Manfaat Pete Untuk Penderita Diabetes

Demikian informasi mengenai bahaya merokok bagi penderita daiabetes. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita. Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhan ini.

Post By : Obat Diabetes Alami

1 Trackback / Pingback

  1. Inilah Tanda-tanda Diabetes Pada Bayi Yang Wajib Anda Waspadai

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*